Sabtu, 16 Agustus 2014

Skripsi Hubungan Internasional "Isu Baru Dalam Ilmu Hubungan Internasional"

·         Isu baru HI adalah suatu topic yang dipandang penting. Para penstudi sering berpendapat bahwa isu tersebut mendapatkan sedikit perhatian sejauh ini. Isu-isu baru mencakup baik nilai maupun teori. Isu baru dalam berkembang sesuai dengan dinamika dalam Hubungan Internasional itu sendiri. Beberapa isu baru dalam ilmu Hubungan Internasional adalah; 
·         1. Masalah lingkungan hidup adalah salah satu dari beberapa isu baru yang penting . Seberapa serius masalah degradasi lingkungan hidup? Kaum “modernis” percaya bahwa perbaikan terus-menerus dalam pengetahuan manusia akan meningkatakan kemampuan kita menguasai lingkungan hidup. Kaum “ecoradikal” berfikir bahwa tidak ada perbaikan teknologis yang sederhana yang dapat mengurusi masalah tersebut. Mereka ingin perubahan dramatis dalam gaya hidup kita dalam arah yang lebih ramah lingkungan.
·       2. Gender merupakan isu baru lain yang penting. Fokus gender pada politik dunia berupaya membawa perbedaan antara laki-laki dan perempuan  ke dalam keterbukaan, untuk menunjukkan posisi sub ordinat perempuan, dan untuk menjelaskan bagaimana sistem ekonomi dan politik internasional menolong menghasilkan posisi yang mengistimewakan perempuan. Feminis radikal ingin mengembangkan suatu disiplin feminis yang otonom yang menyatakan isu gender dalam suatu cara yang mencegah merendahkannya dalam agenda analitis tradisional.
·         3. Kedaulatan adalah suatu institusi ,yang berati seperangkat aturan yang dijalankan oleh Negara. Ada perdebatan yang diperbarui tentang kedaulatan dalam HI. Hal ini disebabkan oleh tantangan terhadap kedaulatan oleh sejunlah perkembangan baru-baru ini. Adalah lebih mudah untuk menganalisis perubahan dalam kedaulatan daripada berbicara tentang “akhir dari kedaulatan”. Perubahan dalam kedaulatan terkait dengan bentuk baru kerjasama antar Negara-negara demokrasi maju di Utara dan bentuk baru konflik antara Negara-negara lemah di Selatan. Hal ini memerlukan perkembangan lebih jauh dari perdebatan yang telah ada pada HI daripada teori-teori seluruhnya.

Tidak ada komentar: