Selasa, 19 Agustus 2014

Judul Skripsi Manajemen Operasi-Manajemen Konstruksi: Metode PERT (1)

 Metode yang telah dirancang untuk menentukan lama pengerjaan adalah variabel random yang disebut dengan Program Evaluation Review Technique (PERT). Waktu setiap kegiatan dihitung atas dasar tiga perkiraan, yaitu waktu optimis, waktu pesimistis, dan waktu yang paling mungkin
Adapun langkah-langkah schedulling metode PERT adalah sebagai berikut:
1.  Identifikasi Aktifitas
Mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proyek dari awal sampai dengan akhir.
2.  Menentukan Urutan Aktivitas
Langkah kedua dalam metode PERT adalah menentukan urutan aktivitas, aktivitas mana yang mendahului dan mengikuti aktivitas lainnya, biasanya langkah ini dilakukan sekaligus dengan identifikasi aktivitas  
3.  Membuat Network Diagram
Diagram Network dibangun berdasarkan informasi dari urutan aktivitas dan digunakan untuk memperlihatkan urutan aktivitas serta hubungannya satu sama lain, pararel atau seri menggunakan diagram AOA (Activity on Arrow).
4.  Mengestimasi Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Satuan waktu yang biasa digunakan dalam metode PERT adalah minggu karena kebanyakan aktivitas dalam jaringan PERT memerlukan waktu yang lama untuk dapat diselesaikan, sehingga penggunaan satuan minggu lebih efektif. PERT mengasumsikan distribusi beta pada estimasi waktu sehingga waktu yang diharapkan (te) tiap aktivitas dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

dengan :
te      = waktu yang diharapkan (expected time)
a       = waktu optimis penyelesaian aktivitas
b       = waktu pesimis penyelesaian aktivitas
m      = waktu penyelesaian aktivitas yang paling memungkinkan (most probable time)
  
Masing-masing waktu dibuat diagram network beserta kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan untuk tiap aktivitas menuju penyelesaian.
Untuk menghitung varian dan standar deviasi dari tiap waktu penyelesaian aktivitas, maka digunakan rumus sebagai berikut :





Dengan : Sd = Standar deviasi
5.  Menentukan Jalur Kritis
Jalur kritis ditntukan dengan cara mengkalkulasikan jalur aktivitas dengan waktu penyelesaian yang paling lama dalam suatu proyek. Jalur kritis menyatakan jumlah waktu total yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek. Jika suatu aktivitas berada di luar jalur kritis maka jika selesai lebih cepat maupun terlambat sekalipun (dalam batas tertentu) tidak akan mempengaruhi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek.
Jalur kritis dapat ditentukan dengan cara menghitung terlebih dahulu empat hal berikut dari tiap aktivitas, yaitu :
·         ES = Earliest Start time
Waktu mulai paling awal suatu kegiatan. Bila waktu kegiatan dinyatakan dalam minggu maka, waktu ini adalah minggu paling awal kegiatan dimulai.

·         EF = Earliest Finish time
Waktu selesai paling awal dari suau kegiatan, bila hanya ada satu kegiatan terdahulu, maka EF suatu kegiatan terdahulu merupakan ES kegiatan berikutnya.
·         LS = Latest Start time
Waktu paling akhir kegiatan boleh mulai, yaitu waktu paling akhir suatu kegiatan boleh mulai tanpa memperlambat proyek secara keseluruhan.
·         LF = Latest Finish time
Waktu paling akhir kegiatan boleh selesai tanpa memperlambat penyelesaian proyek secara keseluruhan.
Lintasan kritis adalah lintasan yang memiliki niali Slack (S) = 0
Slack (S) = LF -  EF
LS = LF - te
6.      Menghitung Waktu Penyelesaian dan SDM
Setelah jalur kritis ditentukan maka dapat dihitung waktu dan kebutuhan sumber daya yang sebenarnya diperlukan untuk menyelesaikan keseluruhan proyek sehingga dapat diketahui waktu total yang dibutuhkan lebih cepat atau lebih lambat dari yang ditargetkan serta kemungkinannya.
7.      Menghitung Probabilitas Waktu Penyelesaian Proyek
Probabilitas expected time yang dihitung dengan metode PERT  hanya sebesar 50 %, oleh karena itu probabilitas penyelesaian proyek harus di atas 80% dan dihitung sebagai berikut :

Tidak ada komentar: