Jumat, 21 Juni 2019

Hidrokarbon Aliphatik (Aliphatic Petroleum Hydrocarbon) (skripsi dan tesis)

  • Hidrokarbon Aliphatik (Aliphatic Petroleum Hydrocarbon)
Yaitu hidrokarbon yang memiliki rantai panjang/linear dari atom karbon. Seperti pada (Tabel 2.1), Hidrokarbon Aliphatik dibedakan atas :
  1. Hidrokarbon Jenuh (Saturated Hydrocarbons)
      Yaitu hidrokarbon yang pada setiap rantainya atom karbon selalu dipenuhi dengan atom hidrogen. Hidrokarbon jenuh lebih dikenal sebagai Alkana (Alkanes). Hidrokarbon jenuh atau alkana adalah hidrokarbon aliphatik yaitu hidrokarbon yang terdiri dari hidrokarbon dengan rantai lurus maupun dengan rantai bercabang dengan berbagai macam panjang pantai. Rumus umum dari Alkana adalah CnH2n+2 contohnya : CH4 (metana), C2H6 (etana), C3H8 (propana), dan C4H10 (butana).
  1. Hidrokarbon Tak Jenuh (Unsaturated Hydrocarbons)
      Yaitu hidrokarbon yang jika kedua atom karbon yang berdekatan, tiap atom karbonnya kehilangan atom hidrogen sehingga memiliki ikatan satu atau lebih antara atom-atom karbon. Hidrokarbon tak jenuh dibedakan kedalam 2 bentuk yaitu alkena (alkenes) dan alkynes.
  • Alkena (alkenes)
      Alkena adalah hidrokarbon yang mempunyai ikatan ganda/rangkap dua diantara kedua atom karbon. Rumus umumnya CnH2n Contoh yang paling sederhana dari Alkena adalah Ethylene atau ethene (C2H4).
  • Alkynes
      Alkynes adalah hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap tiga diantara kedua atom karbon. Contoh yang paling sederhana dari Alkynes adalah ethyne (acetylene).

Tidak ada komentar: