Pembahasan
sebelumnya terdapat tiga kategori tentang teori belajar, yaitu teori belajar
behavirisme, teori belajar kognitifisme,
dan teori belajar kintruksiviseme. Teori belajar behaviorisme adalah sebuah
teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku
sebagai hasil dari pengalaman. Teori belajar behaviorisme berhubungan dengan
stimulus respon, mendudukkan individu yang belajar sebagai individu yang pasif.
Respon atau perilaku tertentudengan menggunakan metode pelatihan atau
pembiasaan saja. Munculnya perilaku yang semakin kuat bila diberikan penguatan
dan akan menghilang bila dikenai hukuman. Teori belajar kognitivisme yaitu
memproses informasi, menyimpan, dan menemukan hubungan antara pengetahuan yang
baru dengan pengetahuan yang sudah ada, model ini menekankan pada bagaimana
informasi di proses. Teori belajar konstruktiviseme bersifat membangun, dalam
konteks filsafah pendidikan dapat diartikan konstruktiviseme adalah suatu upaya
membangun tatanan hidup secara baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar