Menurut Robbins (2006:171),
karakteristik individu diukur melalui :
a.
Sikap
Sikap merupakan
pernyataan-pernyataan evaluatif baik yang diinginkan atau tidak diinginkan
mengenai obyek, orang atau peristiwa (Robbins,2006:93). Individu-individu di
dalam organisasi menampakkan sikap menyangkut banyak hal berbeda. Beberapa karyawan
menangani masalah dengan harapan akan menemukan solusi dengan bekerja sama
dengan rekan kerja mereka (Daft,2003:7).
b.
Kepribadian
Kepribadian merupakan
seperangkat karakter yang mendasari pola perilaku yang relatif stabil dalam
merespon ide, obyek, atau seseorang dalam lingkungannya (Daft,2003:13).
Karakteristik-karakteristik kepribadian mencerminkan beberapa kelompok
perbedaan individual yang paling mendasar dalam organisasi (Griffin,2004:9).
c.
Motif
Motif adalah perangsang
atau keinginan yang mendorong seseorang berbuat (Manullang,2005:147). Motivasi,
daya perangsang atau daya pendorong yang merangsang dan mendorong karyawan
untuk mau bekerja dengan segiatgiatnya berbeda antara karyawan satu dengan
karyawan lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan motif, tujuan dan
kebutuhan dari masing-masing karyawan untuk bekerja, juga oleh karena perbedaan
waktu dan tempat
d.
Kepentingan/minat
Kepentingan adalah
sesuatu yang diinginkan oleh anggota atau karyawan untuk meraih tujuan-tujuan
dalam organisasi (Griffin,2004:132). Organisasi menciptakan tim dalam organisasi untuk berbagai alasan,
memberikan tanggungjawab yang lebih besar dalam hal kinerja, memberikan
wewenang yang lebih besar dan memungkinkan organisasi menaikkan fleksibilitas
dan daya tanggap (Griffin,2004:134).
e.
Pengalaman masa lalu
Pengalaman merupakan
lamanya masa dinas seorang karyawan dengan perusahaan, divisi, departemen atau
pekerjaan (Simamora,2004:498). Kinerja masa lalu seorang karyawan di pekerjaan
serupa dapat menjadi indikator terbaik dari kinerja di masa yang akan datang
(Simamora,2004: 206). Mengetahui pengalaman kerja seorang individu memerlukan
pencarian informasi seputar keahlian, kemampuan, dan keinginannya untuk bekerja
(Simamora,2004:238).
f.
Harapan
Harapan merupakan sesuatu yang
diinginkan bagi seseorang untuk memperolehnya (Robbins,2006:283). Banyak faktor
yang diharapkan bagi seseorang untuk bekerja, seperti tunjangan. Memberi
tunjangan yang sama kepada semua karyawan mengasumsikan bahwa semua karyawan
mempunyai kebutuhan yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar