Rabu, 01 Oktober 2014

Konsultasi Skripsi; Produk Perhotelan

Produk yang dihasilkan oleh hotel dapat dibedakan menjadi
a.       Komponen produk nyata
komponen produk nyata adalah segala sesuatu yang dapat dilihat, disentuh atau diraba, diukur dan dihitung. Produk nyata dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1)                                                   Lokasi
Lokasi yang dibutuhkan oleh suatu usaha pariwisata seperti hotel, adalah lokasi yang strategis dan memiliki nilai-nilai ekonomis yang tinngi, yaitu : dekat dengan bandara, stasiun kereta api, terminal bis, pusat pembelanjaan/bisnis, atraksi wisata, lingkungan hotel menarik dan sebagainya.
b.      Fasilitas
Yang dimaksud dengan fasilitas adalah penyedian perlengkapan-perlengkapan pisik memberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan-kebutuhan tamu dapat terpenuhi selama di hotel. Fasilitas-fasilitas itu dapat berupa :
-          Kamar-kamar tamu dengan segala perlengkapannya.
-          Restoran, dengan berbagai jenis makanan dan minuman serta fasilitas-fasilitas fisik direstoran yang dapat mendukung pelayanan penyajian makanan dan minuman yang baik.
-          Fasilitas-pasilitas olah raga, seperti kolam renang, lapangan tenis baik didalam ruangan  maupun diluar lapangan.
-          Fasilitas hiburan, seperti musik.
b.  Komponen-komponen produk tidak nyata.
Produk tidak nyata adalah semua produk yang hanya dapat dirasakan dan dialami sebagai suatu pengalaman. Faktor-paktor tidak nyata adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan citra suatu produk yang dihasilkan oleh hotel.   
                    (Sulastiyono, 2001, 27-29)

Jogja, Yogyakarta

Tidak ada komentar: