Produk yang dihasilkan oleh hotel dapat dibedakan
menjadi
a.
Komponen produk nyata
komponen produk nyata adalah segala sesuatu yang dapat
dilihat, disentuh atau diraba, diukur dan dihitung. Produk nyata dapat dibagi
menjadi dua, yaitu :
1)
Lokasi
Lokasi yang dibutuhkan oleh suatu usaha pariwisata
seperti hotel, adalah lokasi yang strategis dan memiliki nilai-nilai ekonomis
yang tinngi, yaitu : dekat dengan bandara, stasiun kereta api, terminal bis,
pusat pembelanjaan/bisnis, atraksi wisata, lingkungan hotel menarik dan
sebagainya.
b.
Fasilitas
Yang dimaksud dengan fasilitas adalah penyedian perlengkapan-perlengkapan
pisik memberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan
aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan-kebutuhan
tamu dapat terpenuhi selama di hotel. Fasilitas-fasilitas itu dapat berupa :
-
Kamar-kamar tamu dengan segala perlengkapannya.
-
Restoran, dengan berbagai jenis makanan dan minuman
serta fasilitas-fasilitas fisik direstoran yang dapat mendukung pelayanan
penyajian makanan dan minuman yang baik.
-
Fasilitas-pasilitas olah raga, seperti kolam renang, lapangan
tenis baik didalam ruangan maupun diluar
lapangan.
-
Fasilitas hiburan, seperti musik.
b. Komponen-komponen produk tidak
nyata.
Produk tidak nyata adalah semua produk yang hanya
dapat dirasakan dan dialami sebagai suatu pengalaman. Faktor-paktor tidak nyata
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan citra suatu produk
yang dihasilkan oleh hotel.
(Sulastiyono, 2001, 27-29)
Jogja, Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar