Referensi kecil merupakan kelompok
atau personal yang dijadikan acuan keputusan pembelian oleh seorang calon
konsumen. Pengaruh referensi kecil dapat berupa pengaruh langsung atau tidak
langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang tersebut. Kelompok ini biasanya
disebut dengan kelompok keanggotaan, yaitu sebuah kelompok yang dapat
memberikan pengaruh secara langsung terhadap seseorang. Adapun anggota kelompok
ini biasanya merupakan anggota dari kelompok
primer seperti keluarga, teman, tetangga dan rekan kerja yang
berinteraksi dengan secara langsung dan terus menerus dalam keadaan yang
informal. Tidak hanya kelompok primer, kelompok sekunder yang biasanya terdiri
dari kelompok keagamaan, profesi dan asosiasi perdagangan juga dapat disebut
sebagai kelompok keanggotaan.
Misalkan seorang remaja akan
terpengaruh temannya untuk memilih produk handphone dengan merek dan tipe
tertentu
Jogja, Yogyakarta,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar