Analisa jabatan
adalah suatu kegiatan untuk mengumpulkan, mencatat, mempelajari, mengavulasi,
mengorganisasi dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta
(informasi) yang berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan atau jabatan tertentu
secara sistematis dan teratur.
Untuk mendapatkan
informasi dari sumber-sumber diatas dapat dilakukan dengan menyebarkan
kuisioner kepada para pemegang jabatan, melakukan wawancara secara langsung
dengan pekerja yang bersangkutan atau orang yang pernah melaksanakan pekerjaan
tersebut, dan melakukan pengeamatan pada pelaksanaan pengamatan langsung pada
pelaksanaan pekerjaan atau mempelajari buku catatan harian. Peran analisis
jabatan dalam manajemen sumber daya manusia antaralain adalah untuk keperluan :
a.
Rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja
b.
Menentukan besarnya upah
c.
Merancang jalur karir pekerja / pegawai
d.
Menetapkan beban kerja yang pantas dan adil
Yogyakarta, Jogja,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar