Jumat, 19 April 2019

Pengertian Metode Penelitian (skripsi dan tesis)

 

  • Metode penelitian adalah Rangkaian cara terstruktur atau sistematis yang digunakan oleh para peneliti dengan tujuan mendapatkan jawaban yang tepat atas apa yang menjadi pertanyaan pada objek penelitian. Atau secara mudahnya arti metode penelitian adalah upaya untuk mengetahui sesuatu dengan rangkaian sistematis.
Dua metode metode penelitian yang paling banyak digunakan oleh peneliti dalam menjalankan penelitiannya adalah metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Kedua metode ini sering digunakan karena keunggulan yang diberikan masing-masing.
Setiap penelitian yang dilakukan pasti membutuhkan metode yang berbeda tergantung jenis penelitian yang dilakukan serta hasil yang diharapkan. Ada dua metode penelitian yang bisa digunakan dalam melakukan penelitian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Kedua metode ini digunakan tergantung hasil yang diinginkan dan juga jenis penelitian yang dilakukan. Selain itu keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas apa saja perbedaan diantara keduanya?

Tidak ada komentar: