Jumat, 19 April 2019

Jenis Jenis Data Penelitian (skripsi dan tesis)

Data terdiri dari beberapa jenis, pertama menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder. Pengertian data primer adalah diperoleh dan dikumpulkan secara langsung oleh peneliti yang ditemukan langsung dari sumbernya. Bisa dikatakan masih asli atau baru. Untuk mendapatkannya, peneliti biasanya terjun langsung ke lapangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan diantaranya yaitu wawancara, observasi, menyebarkan kuesioner, dan diskusi terfokus.
Pengertian data sekunder adalah diperoleh oleh peneliti melalui banyak sumber yang sebelumnya sudah ada. Artinya peneliti berperan sebagai pihak kedua karena tidak didapatkan secara langsung. Biasanya dapat diperoleh dari buku, jurnal, laporan, dan sebagainya.
Jenis data yang lain adalah berdasarkan sifatnya yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu dengan bentuk suatu kata-kata tidak dijabarkan sebagai bentuk angka. Cara memperolehnya ada beragam, mulai dari wawancara, diskusi terfokus, wawancara, dan observasi yang dituliskan ke dalam catatan. Gambar atau video juga termasuk ke dalam ranah kualitatif.

Tidak ada komentar: