Dalam melakukan pemasaran terdapat tiga unsur pokok didalamnya. Menurut
Musnaini, Suherman, Wijoyo, & Indrawan (2020) tiga unsur pokok pemasaran
antara lain :
1. Orientasi pada Konsumen
Perusahaan harus menentukan kebutuhan pokok dari konsumen, menentukan
kelompok pembeli yang akan dijadikan sasaran penjualan, menentukan produk
dan program pemasarannya, mengadakan penelitian pada konsumen, dan
menentukan serta melaksanakan strategi yang paling baik.
2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
Hal ini bertujuan agar perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha yang
terkoordinir untuk memberikan kepuasan pada konsumen, sehingga tujuan
perusahaan dapat terealisasi. Selain itu harus dilakukan penyesuaian dan
koordinasi antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi untuk
menciptakan hubungan pertukaran yang kuat dengan konsumen.
3. Kepuasan Konsumen
Banyak sedikitnya konsumen yang puas akan suatu produk adalah faktor
terpenting yang akan menentukan apakah suatu perusahaan akan mendapatkan
laba dalam jangka panjang. Bukan berarti perusahaan harus berusaha
memaksimalkan kepuasan konsumen, tetapi perusahaan harus mendapatkan
laba dengan cara memberikan kepuasan pada konsumen.
Jumat, 24 Maret 2023
Unsur Pokok Konsep Pemasaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar