Jumat, 24 Maret 2023

Strategi Digital Marketing


Strategi pemasaran digital merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara
terencana untuk mencapai kebutuhan dan tujuan perusahan. Dalam buku
Marketing Era Digital Saragih, Manulang, & Hutahaean (2020:3)
mengungkapkan bahwa strategi pemasaran digital adalah strategi yang digunakan
pemilik bisnis untuk memaksimalkan potensi mereka untuk kegiatan pemasaran
digital. Setiap pelaku bisnis atau perusahaan memiliki strategi pemasaran digital
yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan mereka. Strategi
pemasaran digital secara sederhana dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
1. Pengembangan Aset Digital, langkah pertama yang dilakukan adalah
mengatur identitas digital suatu bisnis. Aktivitas ini termasuk dalam
membangun situs web dan menyiapkan akun sosial media (contoh : Facebook,
Instagram, Tik-Tok, YouTube, dan sejenisnya)
2. Meningkatkan lalu lintas situs web, hal ini dapat dilakukan dengan
memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization), penempatan iklan melalui
Google Adsense, dan sejenisnya. 
3. Melakukan optimalisasi akun media sosial merupakan upaya untuk
meningkatkan interaksi dengan pengguna media sosial dengan mengatur dan
menerbitkan konten yang menarik. Selain mengoptimalkan cara pelaku bisnis
beriklan di media sosial juga harus dipertimbangkan.
4. Melakukan kegiatan pemasaran Email. Email sebagai alat komunikasi digital
terkenal yang memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis.
Tidak dapat dipungkiri bahwa semua pengguna smartphone diharuskan
memiliki akun email untuk memanfaatkan fitur-fitur smartphone sepenuhnya.
Kondisi ini merupakan potensi besar untuk digunakan dengan baik.
5. Melakukan pesan siaran, kegiatan ini merupakan bagian dari pemasaran
digital yang masih dapat kita temukan. Saat ini sudah jarang sekali
mendapatkan pesan siaran seperti pesan singkat (SMS), Whatsapp, dan pesan
langsung di media sosial. Meskipun rentan terhadap pemblokiran akun, pada
kenyataannya pesan siaran masih memiliki tingkat konversi yang baik.

Tidak ada komentar: