Adapun indikator dari digital marketing dari sisi promosi sebagai
bagian dari bauran pemasaran (4Ps) menurut Ryan (2014: 25) yaitu:
1. Website
Website adalah penghubung dengan dunia digital secara
keseluruhan dan mungkin bagian yang paling penting dalam
keseluruhan strategi pemasaran digital, dimana kegiatan online
akan terarah langsung ke calon konsumen.
2. Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Salah satu bagian penting dari webisite adalah SEO (search engine
optimation), atau proses pengaturan konten dari website agar
mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mencari
konten yang relevan dengan yang ada di website, dan juga
menyajikan konten agar dapat dengan mudah ditemukan oleh
mesin-mesin pencari.
3. Periklaan berbasis klik pencarian berbayar (PPC advertaising)
Periklanan PPC (pay per clik) memungkinakan pemasar membeli
halaman hasil pencarian internet berdasarkan kata kunci-kata kunci
dan kalimat- kalimat yang dipilih.
4. Pemasran afiliasi dan kemitraan strategis (affiliate marketing and
strategic partnership)
Kegiatan bermitra dengan organisasi perusahan lain dari website- website untuk mencapai keuntungan bersama dari sebuah
kerjasama untuk mempromosikan produk atau layanan.
5. Hubungan masyarakat online (Onlline PR)
Menggunakan saluran komunikasi online seperti press release,
sindikasi artikel (RSS), dan blog untuk menciptakan persepsi
positif atas merek dan/atau untuk menempatkan
organisasi/perusahaan sebagai pihak yang berwenang di bidang
tertentu.
6. Jejaring sosial (sosial network)
Sebuah peluang pemasaran, namun saat ini belum ada
seseorangpun yang bias menawarkan sistem periklanan dengan
sangat focus ke kelompok masyarakat yang sangat kecil (niche)
atas dasar informasi profil yang didapatkan dari situs-situs jejaring
sosial.
7. E-mail pemasaran (e-mail marketing)
Surat elektronik (e-mail) masih menjadi alat yang penting untuk
kegiatan pemasaran digital, yang dikirimkan dengan tujuan untuk
menjaga hubungan antara konsumen yang sudah ada maupun calon
konsumen yang bersedia menerima informasi lewat e-mail.
8. Manajemen hubungan konsumen (Customer Relationship
Management)
Menjaga konsumen yang sudah ada dan membangun kerjasama
yang saling menguntungkan dengan mereka adalah salah satu
elemen penting dari kegiatan pemasaran digital.
Jumat, 24 Maret 2023
Indikator dari Digital Marketing
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar