Teknologi digital telah banyak mengubah cara kerja bisnis, termasuk aktivitas pemasaran.
Meskipun digital marketing tidak meliputi teknik dan praktek yang masuk dalam kategori
pemasaran melalui internet dengan cara-cara untuk mencapai target konsumen yang tidak
memerlukan internet (mobile technology). Digital marketing atau yang biasanya disebut dengan
Pemasaran Digital adalah segala upaya yang dilakukan perusahaan atau brand dalam hal
pemasaran dengan menggunakan perangkat yang terhubung internet dengan beragam strategi dan
media digital. Dengan tujuan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen serta konsumen
dengan saluran komunikasi online.
Menurut Chakti (2019:11) digital marketing merupakan atau pemasaran digital memiliki
arti yang hampir sama dengan pemasaran elektronik (e-marketing) keduanya menggambarkan
manajemen dan pelaksanaan pemasaran menggunakan media elektronik. Digital marketing adalah
penerapan teknologi digital yang membentuk saluran online ke pasar (website, email, database,
digital TV dan melalui berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk di dalamnya blog, feed, podcast,
dan jejaring sosial) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran. Dengan bertujuan
untuk mendapat keuntungan serta membangun dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan
selain itu mengembangkan pendekatan yang terencana untuk meningkatkan pengetahuan tentang
konsumen (terhadap perusahaan, perilaku, nilai dan tingkat loyalitas terhadap merek produknya).
Selanjutnya, menyatukan komunikasi yang ditargetkan dengan pelayanan online sesuai kebutuhan
masing-masing individu atau pelanggan yang spesifik. Ringkasnya, digital marketing adalah
aktivitas yang dalam mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital,
khususnya internet.
Penggunaan social media sebagai salah satu medium digital marketing yang saat ini marak
digunakan brand dan perusahaan untuk memasarkan ataupun berkomunikasi dengan konsumen
membuat persaingan semakin ketat. Di tengah riuhnya penggunaan platform digital sebagai media
komunikasi, hal yang paling harus diperhatikan dalam platform ini adalah formulasi konten atau
pesan yang akan dikomunikasikan kepada audiens. Pesan atau konten merupakan unsur
komunikasi yang sangat penting untuk keberhasilan penyampaian pesan (Hamid 2011 : 194)
termasuk dalam komunikasi pemasaran. Konten ini kemudian lazim disebut content marketing.
Jumat, 24 Maret 2023
Digital Marketing
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar