Jumat, 24 Maret 2023

Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu


Pada setiap kegiatan pemasaran, komunikasi merupakan unsur yang sangat penting dan
krusial. Menurut Kennedy, komunikasi merupakan proses penyampaian ataupun pengiriman
beberapa simbol tertentu dari seseorang kepada orang lain untuk memberikan perubahan ataupun
feedback dalam perilaku. Sedangkan menurut Kotler (2016:27) pemasaran merupakan sebuah
proses sosial dimana terjadi proses individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui menciptakan, menawarkan, dan bertukar produk dan layanan
dengan nilai bebas dengan orang lain. Dari kedua konsep diatas maka dapat disimpulkan bahwa
Komunikasi Pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh individu ataupun
kelompok yang menyampaikan pesan kepada konsumen, calon konsumen, serta pelanggan dengan
menggunakan sejumlah channel dan media dengan adanya tujuan.
Untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran, maka diperlukan strategi komunikasi yang
tepat. Hal yang penting untuk dipelajari brand maupun perusahaan yang melakukan pemasaran
adalah proses terciptanya sebuah komunikasi. Perusahaan dimasa lalu beranggapan bahwa
keberadaan komunikasi terpisah dari pemasaran, namun Terence A. Shrimp (2010:10) menyatakan
bahwa pemasaran yang sukses adalah pemasar yang mengkoordinasikan bauran komunikasi secara
ketat, sehingga dapat melihat dari media (periklanan) yang satu ke media yang lain, dari program
satu ke program lainnya dan secara instan dapat melihat bahwa brand tersebut berkomunikasi
dengan satu pesan. 
Hal ini menjadi alasan pentingnya Komunikasi Pemasaran Terpadu untuk dapat bersaing
dengan brand lain dan meraih kesuksesan. Dalam bukunya, Terence A. Shimp (2003:10) juga
mengatakan bahwa Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communication
(IMC) merupakan proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi
persuasif kepada konsumen dan calon konsumen secara berkelanjutan, yang mana memiliki tujuan
untuk memberikan efek langsung pada konsumen. Dengan kata lain, dengan berkembangnya jenis
- jenis media baru di antara konsumen maka dibutuhkan sebuah konsep bentuk dan metode
komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesannya.
Proses Integrated Marketing Communication (IMC) diawali dari konsumen atau calon
konsumen kemudian berbalik kepada perusahaan untuk menentukan dan mendefinisikan bentuk
dan metode yang perlu dikembangkan bagi program komunikasi yang persuasif. Hal ini sesuai
dengan pernyataan Kotler & Armstrong dalam Sinamora (2003: 10) bahwa komunikasi pemasaran
terpadu (Integrated Marketing Communications) yang biasa disebut bauran promosi (Marketing
Mix) sebuah perusahaan terdiri dari perpaduan khusus antara pemasangan iklan, penjualan
personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasangan iklan dan pemasaran.
Saat ini sudah terdapat banyak media yang membantu dalam memasarkan produk serta jasa
yang dimiliki sebuah brand atau perusahaan. Munculnya teknologi internet melahirkan media baru
atau yang biasanya kita sebut dengan New Media. Semakin banyaknya media yang muncul dan
channel yang digunakan, maka dibutuhkan juga usaha yang lebih untuk dapat menyampaikan
pesan yang dikehendaki brand atau perusahaan kepada konsumennya. Banyaknya channel sama
dengan banyaknya noise yang terjadi, karena itu dibutuhkan komunikasi pemasaran terpadu yang
mana membantu menyesuaikan tiap channel untuk memiliki suatu pesan yang sama. 
Keberadaan internet juga melahirkan upaya baru dalam pemasaran, yaitu Pemasaran
Digital atau Digital Marketing yang merupakan upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat
yang terhubung internet dengan berbagai strategi dan media digital di saluran komunikasi online
(Chakti, 2019:11). Selain sebagai sarana marketing, tentunya keberadaan Internet sangat
membantu dalam keterbatasan branding, hingga akhirnya terdapat Digital Branding. Hal ini
merupakan satu elemen penting yang dibutuhkan dalam dunia bisnis terkini. Digital marketing
sering dimaknai sebagai satu cara promosi atau pemasaran sebuah produk maupun jasa melalui
media digital.

Tidak ada komentar: