Merek (brand) menjadi elemen yang sangat penting bagi perusahaan. Merek (brand)
berperan sebagai value indicator bagi seluruh stakeholder perusahaan (pelanggan, karyawan, serta
investor) (Kartajaya, 2009:143). Pelanggan atau calon konsumen pasti akan lebih memilih brand
yang sudah memiliki nama besar dibandingkan brand baru yang tidak diketahui kualitasnya. Bukan
hanya konsumen, seorang karyawan pun akan lebih senang bekerja pada perusahaan yang
memiliki merek/ reputasi yang baik. Begitu pula investor, mereka akan mempertimbangkan
perusahaan dalam melakukan investasi.
Untuk membangun sebuah identitas merek, diperlukan adanya pertimbangan pasar. Maka
dari itu diperlukan adanya perencanaan berdasarkan struktur dari identitas merek tersebut.
Perbedaan antara produk dan merek menurut Susanto (2003:1) dapat dipakai sebagai panduan
untuk memperjelas tentang identitas. Produk meliputi ruang lingkup, atribut, kualitas, dan
penggunaan. Sedangkan merek meliputi simbol, kepribadian merek, segala asosiasi terhadap
organisasi, negara asal, pencitraan oleh pengguna, manfaat ekspresi diri, manfaat emosional, dan
hubungan antara merek dan pelanggan.
Jumat, 24 Maret 2023
Brand Identity
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar