Kamis, 23 Mei 2019

Parameter Aitem Untuk Skala  Pengukuran  (skripsi dan tesis)


            Daya beda atau daya diskriminasi aitem merupakan parameter yang paling penting dalam seleksi aitem skala psikologi yang mengukur atribut afektif. Daya diskriminasi aitem adalah sejauh mana aitem mampu membedakan antara individu atau kelompok individu yang memiliki dan yang tidak memiliki atribut yang di ukur. Contohnya pada suatu skala yang disusun untuk mengungkap agresivitas, maka aitem yang berdaya beda tinggi adalah aitem yang mampu menunjukkan mana individu atau kelompok individu yang memiliki agresivitas tinggi dan mana yang tidak. Untuk skala sikap, aitem yang berdaya beda tinggi adalah aitem yang mampu membedakan mana subjek yang bersikap positif dan mana subjek yang bersikap negative.
            Indkes daya diskriminasi aitem merupakan pula indicator keselarasan atau konsistensi antara fungsi aitem dengan fungsi skala secara keseluruhan yang dikenal dengan istilah konsistensi aitem total. Prinsip kerja yang dijadikan dasar untuk melakukan seleksi aitem dalam hal ini adalah memilih aitem yang fungsi ukurnya selaras atau sesuai dengan fungsi ukur skala sebagaimana dikehendaki oleh penyusunnya. Atau dapat dikatakan memilih aitem yang mengukur hal sama dengan apa yang di ukur oleh skala sebagai keseluruhan.
            Pengujian daya diskriminasi aitem menghendaki dilakukannya komputasi koefisien korelasi antara distribusi skor aitem dengan suatu kriterian yang relevan, yaitu distribusi skor skala itu sendiri. Komputasi ini akan menghasilkan koefisien korelasi aitem-total yang dikenal pula dengan sebutan parameter daya beda aitem.
            Formula korelasi yang tepat untuk digunakan dalam komputasinya tergantung pada sifat penskalaan dan distribusi skor aitem dan skor skala itu sendiri. Bagi skala-skala yang setiap aitemnya diberi skor pada level interval dapat digunakan formula koefisien korelasi positif antara skor aitemdengan skor skala berarti semakin tinggi konsistensi antara aitem tersebut dengan skala keseluruhan yang berarti semakin tinggi daya bedanya. Bila koefisien korelasinya rendah mendekati nol berarti fungsi aitem tersebut tidak cocok dengan fungsi ukur skala dan daya bedanya tidak baik. Bila koefisien korelasi yang dimaksud ternyata negative artinya terdapat cacat serius pada aitem yang bersangkutan.
            Bila menggunakan formula person untuk komputasi koefisien korelasi aitem-total, dapat dipakai rumusan :
  rix  =                   ∑iX – ( ∑i)(∑X)/n
                    √[∑i– ( ∑i)/ n][∑X– (∑X)/n]
  I = Skor aitem
X = Skor skala
N = Banyaknya subjek

Tidak ada komentar: