Jumat, 24 Maret 2023

TEORI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL (Model AISAS)


Teori AISAS model perilaku komunikasi digital yang diciptakan oleh
dentsu, seorang agen periklanan di jepang pada tahun 2005. Teori AISAS terdiri
dari Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Search (pencarian), Action
(aksi), dan Share (berbagi).AISAS menjelaskan mengenai terjadinya perubahan
yang signifikan terhadap pola perilaku konsumen semenjak hadirnya teknologi
komunikasi dan imformasi atau media baru yaitu internet. Sehingga efek yang
diusulkan diera media baru sebagai berikut :
a. Attention ialah calon konsumen memperhatikan produk yang diiklankan
melalui berbagai media seperti media elektronik dan media social.
b. Interest adalah ketertarikan terhadap produk yang bersifat pasif,
diartikan seperti suatu cara untuk memotivasi khalayak untuk mencari
informasi mengenai produk, service dan iklan.
c. Search adalah ditahap pencarian dalm memperoleh informasi terkait
produk, ini sebagai tahap peralihan ialah peralihan dari proses
individual ke sosial yang mana konsumen telah bertanya dan masuk
dalam kategori zona aktif.
d. Action adalah interaksi tidak sebatas dilevel informasi namun telah
masuk keranah physical interaction. 
e. Share ialah tahapan terakhir yang menandakan produk atau brand telah
berhasil dipasarkan yaitu saat konsumen menyebarluaskan serta
merekomendasikan brand kepada orang lain.

Tidak ada komentar: