Jumat, 24 Maret 2023

Pengertian Digital Marketing


Menurut Urban (2004:2), Digital marketing menggunakan fasilitas
internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi
marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing
tradisional. Menurut Coviello, Milley & Marcolin (2001:26), Digital
marketing ialah penggunaan fasilitas internet dan penggunaan teknologi
interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan
dan konsumen yang telah teridentifikasi. Menurut Heidrick & Struggless
(2009:1), Perkembangan digital marketing melalui sebuah situs web, telepon
genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang
tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh.
Menurut Teresa Piñeiro-Otero and Xabier Martínez-Rolán (2016),
pemasaran digital mendefinisikannya sebagai proyeksi pemasaran
konvensional, alat dan strateginya, di Internet. Namun, kekhasan dunia digital
dan peruntukannya untuk pemasaran telah mendorong perkembangan saluran,
format, dan bahasa yang telah menghasilkan alat dan strategi yang tidak
terpikirkan. Menurut website Digital Marketer, pemasaran digital adalah tindakan
mempromosikan dan menjual produk dan jasa dengan memanfaatkan taktik
pemasran online seperti pemasaran lewat media sosial, pemasaran lewat
internet, dan pemasran lewat email. Purwana et al (2017) menyatakan bahwa digital marketing adalah kegitan
promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan
memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Dunia maya kini tak
lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga
orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan pernyataan
diatas kegiatan pemasaran dapat menjangkau lapisan masyarakat tanpa
mengenal batasan ruang dan waktu.

Tidak ada komentar: