Jumat, 24 Maret 2023

Marketing Mix


Marketing Mix (Bauran Pemasaran) merupakan bagian yang sangat berpengaruh
dalam menentukan strategi pemasaran kegiatan ini mengkombinasikan empat
variabel yaitu produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi
(promotion). Menurut Musnaini, Suherman, Wijoyo, & Indrawan, (2020)
Marketing mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing,
agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling
memuaskan. Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan
distribusi. Dengan kata lain marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang
dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan
konsumen.
1. Product/Produk. Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar
untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang
dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan”. Produk tidak hanya selalu berupa
barang tetapi bisa juga berupa jasa maupun gabungan dari keduanya.
2. Price/Harga. Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk
mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Setelah
produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan
menentukan harga dari produk tersebut.
3. Place/Tempat. Tempat disebut dengan saluran distribusi, saluran dimana
produk tersebut sampai kepada konsumen. Saluran distribusi adalah saluran 
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari
produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai.
4. Promotion/Promosi. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang
merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada
produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar: