Jumat, 24 Maret 2023

DIGITAL MARKETING


Marketing ialah aktivitas suatu perusahaan dalam menciptakan,
mengkomunikasikan, menyampaikan dan bertukar penawaran yang memiliki
nilai bagi konsumen atau masyarakat.Sedangkan Internet merupakan media yang
diciptakan secara digital.Dalam kehidupan, internet sangat mudah dalam
mencari informasi yang dibutuhkan, pembelian barang, dan masih banyak lagi
yang dapat dilakukan melalui media internet.Sehingga kini internet menjadi
sebuah media yang penting bagi perusahaan atau pelaku bisnis dalam bertukar
penawaran. Dari penjelasan tersebut nama digital marketing telah hadir di era
digital saat ini (Muljono, 2018). Jadi digital marketing merupakan pemasaran
melalui media digital dalam menawarkan brand yang dimiliki oleh suatu
perusahaan.
Digital marketing merupakan kegiatan dibidang pemasaran yang
memanfaatkan platform yang ada di internet dalam menjangkau para target
konsumen, selain itu digital marketing diartikan sebagai pemasaran produk atau
jasa melalui internet atau disebut dengan pemasaran-i, web marketing, online
marketing, e-marketing, atau e-commerce (Hermawan , 2012). Kegiatan digital
marketing dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sehingga penerapan media internet
dipasaran meningkat.Adapun dua manfaat digital marketing (Hermawan , 2012): 
1. Biayanya relatif murah adalah pemasaran menggunakan digital marketing
jauh lebih murah dan mudah menjangkau calon konsumen begitu luas
dibandingkan periklanan konvensional. Sifat digital marketing
memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk satu
dengan yang lainnya lebih nyaman.
2. Muatan informasi yang besar adalah penggunaan digital marketing
menyediakan sejumlah informasi yang besar dan begitu luas dibandingkan
dengan media konvensional seperti media cetak, radio dan televisi. Digital
marketing juga mampu menyimpan data secara akurat yang dibutuhkan
oleh perusahaan.
Penggunaan digital marketing merupakan cara untuk mempermudah
dalam memahami persoalan tujuan komunikasi yang bisa dicapai perusahaan
melalui penggunaan internet sebagai berikut (Morissan, 2010) :
1. Penyebaran informasi, salah satu tujuan penting penggunaan situs web
ialah menyediakan informasi secara lengkap dan mendalam mengenai
produk suatu perusahaan. Perusahaan yang menggunakan digital
marketing mempunyai peluang banyak untuk mendapatkan konsumen.
Bisa dikatakan bahwa dengan penggunaan media internet dalam
pemasaran merupakan hal yang paling tepat untuk menyampaikan
informasi secara lengkap kepada masyarakat luas.
2. Menciptakan kesadaran, digital marketing terkadang lebih bermanfaat
dalam menciptakan kesadaran terhadap perusahaan bahkan terhadap
barang dan jasa yang dihasilkan. Bagi perusahaan dengan biaya promosi 
terbatas, digital marketing menawarkan kesempatan untuk menciptakan
kesadaran yang lebih efektif disbanding media tradisional.
3. Tujuan riset, perusahaan memanfaatkan digital marketing tidak hanya
dalam urusan pemasaran saja, namun digunakan untuk melakukan riset
pasar dan mengumpulkan informasi mengenai perusahaan pesaing serta
target konsumen.
4. Menciptakan persepsi, perusahan mengimplementasikan digital marketing
yang dirancang berguna untuk menciptakan persepsi atau image baik
perusahaan terhadap khalayak.
5. Percobaan produk, perusahaan menggunakan digitl marketing untuk
menawarkan produk yang dimiliki kepada pengunjug dalam upaya
mendorong konsumen supaya bersedia mencoba produk perusahaan.
6. Meningktkan pelayanan, peran digital marketing mampu memberikan
informasi serta menjawab berbagai keluh kesah dan pertanyaan
pelanggannya. Kemampuan digital marketing juga bisa memperbaiki
pelayanan dan membangun hubungan baik antara perusahaan dan
konsumennya.
7. Meningkatkan distribusi, digital marketing mempunyai berbagai cara
dalam melakukan pemasaran, mempromosikan dan menampilkan produk.
Salah satunya melalui website yang dimaksudkan untuk melakukan
kerjasama dengan nama afiliasi. Afiliasi merupakan hubungan kerjasama
diantara sejumlah situs. Sehingga perusahaan mampu memperluas
distribusi produk melalui kerjasama website tersebut. 
Digital marketing merupakan pemasaran dengan pemanfaatan teknologi
digital. Peran digital marketing menjadi hal penting sesuai perkembangan
teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik pelanggan serta
mengarahkannnya pada perpaduan antara komunikasi elektronik maupun
konvensional (Chaffey D, 2009).Strategi pelaku bisnis dengan memanfaatkan
digital marketing terutama melalui media sosial dapat memberikan bagaimana
cara dan langkah memperbanyak jaringan konsumen dalam memasarkan
produknya sehingga pelaku bisnis dapat meningkatkan keunggulan pesaingnya.

Tidak ada komentar: