Perusahaan yang terdiri dari pemasaran hiburan merupakan simbiosis yang sempurna
antara periklanan dan hiburan dengan tujuan utama yaitu menarik publik pada brand dengan cara
yang menarik dan sugestif. Branded web series adalah hasil dari perpaduan format iklan non
konvensional yang beragam, khas dari iklan yang ditayangkan di televisi dan komunikasi strategi
berdasarkan kombinasi dari marketing hiburan dan kebutuhan untuk proyeksi brand image
(Terceno, 2017:883). Format iklan yang disebutkan adalah: sponsor, dipahami sebagai dukungan
untuk produksi konten audio visual yang terdiri dalam bumper merek di layar eksklusif untuk
sponsor biasanya bertepatan dengan awal selama iklan dan/atau perubahan tempat iklan dan akhir
program (del Pino, 2006; Segarra-Saavedra dan del Pino, 2012) di mana merek ini muncul di
tempat kejadian dengan cara yang berbeda dan barter yang mempromosikan penciptaan lengkap
atau parsial isi editorial oleh pengiklan (RodrÃguez, 2012).
Branded web series yang dijelaskan sebagai cara pemberdayaan yang baik antara users dan
pengiklan untuk membuat dan mengeluarkan konten mereka sendiri, sebuah proses yang
difasilitasi dari demokrasi teknologi. Brand story yang diceritakan melalui fiksi, jaringan sosial,
online platform adalah bagian dari meningkatkan trend dari strategi kreatif iklan. Adapun konten
bermerek, didefinisikan oleh Department of Special Solutions of Atresmedia sebagai “iklan
menghibur dan terintegrasi dalam isi, yang memungkinkan pengiklan untuk menyampaikan nilai
merek dengan cara yang lebih halus dan kurang agresif daripada konvensional publisitas yang
tujuannya adalah untuk menghasilkan pertunangan (Calder, Malthouse dan Schedel, 2009 dalam
Terceno, 2017:883) dengan lebih efektif dan pengguna potensial” (Costa-Sánchez, 2014 dalam
Terceno, 2017:883).
Oleh karena itu, branded web series muncul dari kebutuhan pengiklan untuk menceritakan
kisah iklan melalui berbagai media dan saluran, berubah menjadi narasi transmediatek yang
mendiversifikasi cerita ke dalam multimedia, platform multiarah dan hibrida (Simelio dan Ruiz,
2013 dalam Terceno, 2017:884). Semua ini dalam masyarakat yang mengkonsumsi hiburan
melalui layar yang berbeda-fenomena multi screen, yang memfasilitasi akses langsung dan di
mana-mana untuk hiburan audio visual konten.
Jumat, 24 Maret 2023
Branded Web Series
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar