Jumat, 24 Maret 2023

Komponen Yang Membentuk Digital Marketing


Dalam buku Digital Marketing Wati, Martha, & Indrawati (2020) mengukapkan
ada beberapa komponen yang dapat membentuk digital marketing dalam suatu
bisnis, antara lain :
1. Know your business (Ketahui bisnis anda)
Pelaku usaha wajib mengetahui kompetensi inti dari bisnis yang dijalankan.
Pelaku usaha harus memastikan bahwa bisnisnya cocok untuk masuk ke dunia
pemasaran digital dan memastikan produk yang dihasilkan cocok untuk
dipromosikan menggunakan media promosi online, serta pelaku usaha harus
memiliki kemampuan, ketrampilan, dan teknologi yang tepat untuk melakukan
digital marketing.
2. Know the competition (Ketahui kompetisinya) 
Pelaku usaha harus mengetahui siapa pesaing utama dalam bisnis yang
dijalankan. Apakah pesaing sama-sama menerapkan pemasaran digital?
Apakah mereka sudah menggunakan strategi pemasaran dengan benar?
Apakah kita ingin Amati-Tiru-Modifikasi? Apakah ada peluang pasar untuk
bisnis yang saya jalankan? , persaingan di dunia digital bisa berasal dari mana
saja dan datang kapan saja. Karena, teknologi sangat memungkinkan untuk
menjangkau wilayah geografis yang lebih luas, pasar yang luas dan sangat
memungkinkan perusahaan besar menjangkau pasar lokal. Maka dari itu, perlu
ditingkatkan riset tentang analisis kompetitor dan menjalankan strategi yang
tepat untuk melakukan penetrasi pasar.
3. Know your customer (Kenali pelanggan anda)
Kenali pelanggan dari bisnis yang dijalankan. Sebagai pelaku bisnis harus
mengetahui siapa pelanggan atau calon pelanggan dari bisnis yang dijalankan,
mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, memastikan mereka siap dilayani
dengan promosi online dan memastikan bahwa perusahaan bisa memanfaatkan
pengetahuan dan teknologi untuk terlibat dalam hubungan yang berkelanjutan
dengan konsumen.
4. Know what you want to achieve (Ketahui apa yang ingin anda capai)
Pelaku bisnis wajib mengetahui apa yang ingin dicapai perusahaannya. Jika
tidak tahu kemana arah perusahaan pergi, maka perusahaan yang dijalankan
tidak akan berkembang. Pelaku bisnis harus memastikan perusahaan ingin
menerapkan pemasaran digital dan menentukan tujuan jangka panjang
perusahaan dengan menggunakan strategi yang tepat dalam menjalankan 
pemasaran digital. Dengan mengetahui apa yang diinginkan perusahaan, maka
arah dan tujuan perusahaan bisa terukur dengan jelas sehingga kemampuan
perusahaan akan terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan tersebut.
5. Know how you’re doing (Tahu yang anda lakukan)
Keuntungan menggunakan pemasaran digital yaitu hasilnya lebih terukur.
Perusahaan dapat melakukan tracking dan dapat membandingkan kemajuan
yang telah digunakan sudah tepat sasaran apa belum, sudah sesuai dengan
indikator (Key Performance Indicators) yang telah diberikan apa belum. Jika
belum sesuai, pelaku bisnis bisa mengukur, mengubah, dan memperbaiki
karena pemasaran digital adalah proses berkelanjutan dan berulang

Tidak ada komentar: