Jumat, 24 Maret 2023

Digital Marketing


Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11) “Digital marketing is the
application of the internet and related digital technologies in conjunction with
traditional communications to to achieves marketing objectives.”. Artinya Digital
Marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi
digital dimana didalamnya berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk
mencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut dapat dicapai untuk meningkatkan
pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas,
kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai
kebutuhan masing-masing individu.
Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11), Dedi Purwana (2017:2) Jadi pada
dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunaan
media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa
web, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital tv guna
meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahaui profil, perilaku, nilai
produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan
pemasaran.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa digital marketing merupakan
pemasaran atas produk maupun jasa menggunakan internet dengan memanfaatkan
web, social media, e-mail, database, mobile/wireless dan digital tv guna
meningkatkan pemasaran serta target konsumen.
Beberapa hal yang mempengaruhi Digital Marketing sebagai berikut:
1.Website
Merupakan web yang halaman selalu update, biasanya terdapat halaman
backend (halaman administrator) yang digunakan untuk menambah atau
mengubah konten. Web dinamis membutuhkan database untuk menyimpan. 
Website dinamis mempunyai arus informasi dua arah, yakni berasal dari
pengguna dan pemilik, sehingga pengupdate-an dapat dilakukan oleh
pengguna dan juga pemilik website (Bahar, 2013)
2. Blog
Arief (2011: 7) Pengertian blog menurut Arief adalah salah satu aplikasi yang
berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video)
didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer
Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang
disebut browser.
3. Email marketing
Menurut Dave Chaffey & Smith (2013:15) e-marketing adalah pemasaran
secara online baik melalui situs web, iklan online, opt-in email, kios
interaktif, TV interaktif atau mobile. Itu membuat hubungan yang lebih dekat
dengan pelanggan, memahami mereka dan memelihara interaksi dengan
mereka. E-marketing lebih luas dari e-commerce karena itu tidak terbatas
pada transaksi antara organisasi dan stakeholders, tetapi mencakup semua
proses yang berkaitan dengan pemasaran.

Tidak ada komentar: