a. Tujuan utama pertama, melakukan perbaikan dan peningkatan layanan
professional Guru dalam menangani proses pembelajaran. Tujuan tersebut dapat
dicapai dengan melakukan refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba
secara sistematis berbagai model pembelajaran alternatif yang diyakini secara
teoretis dan praktis dapat memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain,
guru melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan evaluasi, dan
refleksi.
b.Tujuan utama kedua, melakukan pengembangan keteranpilan Guru yang
bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang
dihadapinya terkait dengan pembelajaran. Tujuan ini dilandasi oleh tiga hal
penting, (1) kebutuhan pelaksanaan tumbuh dari Guru sendiri, bukan karena
ditugaskan oleh kepala sekolah, (2) proses latihan terjadi secara hand-on dan
mind-on, tidak dalam situasi artifisial, (3) produknyas adalah sebuah nilai,
karena keilmiahan segi pelaksanaan akan didukung oleh lingkungan.
c.Tujuan sertaan, menumbuh kembangkan budaya meneliti di kalangan
Guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar