Kamis, 20 Juni 2024

Kredibilitas (Credibility)


Kredibilitas adalah suatu nilai kepercayaan dalam diri seorang
selebriti dalam meyakinkan seorang konsumen mengenai produk yang
sedang dipromosikan. Kredibilitas disini dimaksudkan agar seorang
selebriti memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak atas produk
dan sertacakap dalam menyampaikan pesan - pesan atas produk yang
sedang dipromosikan.
Indikator variabel dari Kredibilitas Celebrity Endorser menurut Shimp
(2003) yaitu :
1) Pengetahuan selebriti terhadap produk.
Merupakan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh komunikatoruntuk
mendukung pesan yang disampaikan.
2) Kemampuan menarik rasa percaya diri konsumen.
Objektivitas selebriti merujuk pada kemampuan selebriti untuk
memberi keyakinan atau percaya diri pada konsumen suatu produk.
3) Kecocokan selebriti dengan merek atau produk.
Memberikan nilai dan perilaku selebriti sesuai dengan kesan positif
yang diinginkan untuk merek yang diiklankan.

Tidak ada komentar: