Sebagai sebuah instrumen penting dalam proses manajemen, anggaran atau penganggaran memiliki fungsi sebagai berikut :
- Fungsi Perencanaan
Di sini anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan jangka pendek dan merupakan komitmen manajer pusat pertanggungjawaban untuk melaksanakan program atau bagian dari program dalam jangka pendek. Dalam penyusunan anggaran, manajer pusat pertanggungjawaban harus mempertimbangkan pengaruh lingkungan luar dan kondisi organisasi.
- Fungsi Koordinasi dan Komunikasi
Anggaran juga berfungsi sebagai sarana koordinasi dan komunikasi. Anggaran secara formal mengkomunikasikan rencana organisasi kepada setiap karyawan dan tindakan berbagai unit dalam organisasi agar dapat bekerja secara bersama dan serentak ke arah pencapaian tujuan. Koordinasi menjadi penting, mengingat bahwa setiap individu di dalam organisasi mungkin mempunyai kepentingan dan persepsi yang berbeda.
Tim Penyusun Anggaran bertugas mengusulkan kepada manajemen puncak mengenai pedoman umum penyusunan anggaran, menyebarkan pedoman tersebut setelah disetujui manajemen puncak, mengkoordinasikan berbagai macam usulan anggaran yang disusun secara terpisah oleh berbagai unit organisasi, menyelesaikan perbedaan yang timbul di antara usulan anggaran, menyerahkan anggaran final pada manajemen puncak dan dewan komisaris (bagi perusahaan) untuk disahkan, dan mendistribusikan anggaran yang telah disahkan kepada berbagai unit organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar