Rabu, 17 April 2024

Dimensi Kinerja Organisasi


Untuk menilai kinerja organisasi diperlukan indikator-indikator yang jelas
dan terarah. Indikator berfungsi sebagai ketetapan dan arahan atas indakan apa yang
harus dilakukan supaya kinerja berjalan efektif dan efisien. Kinerja organisasi yang
baik merupakan tujuan dari setiap organisasi atau perusahaan. Menurut Wirawan
(2009) dimensi-dimensi yang terdapat dalam kinerja organisasi antara lain :

  • Faktor internal karyawan, yaitu faktor-faktor dari dalam diri karyawan yang
    merupakan faktor bawaan dari lahir dan faktor yang diperoleh ketika ia berkembang.
    Faktor-faktor bawaan, misalnya bakat, sifat pribadi, serta bawaan dari lahir dan
    faktor yang diperoleh ketika ia berkembang. Faktor-faktor bawaan, misalnya bakat,
    sifat pribadi, serta keadaan fisik dan kejiwaan. Sementara itu, faktor-faktor yang
    diperoleh misalnya pengetahuan, keterampilan, etos kerja, pengalaman kerja dan
    motivasi kerja. Setelah dipengaruhi oleh lingkungan internal organisasi dan
    lingkungan eksternal, faktor internal karyawan ini juga menentukan kinerja mereka.
  • Faktor lingkungan internal organisasi, yaitu dalam melaksanakan tugasnya,
    karyawan memerlukan dukungan organisasi tempat mereka bekerja. Dukungan
    tersebut sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja karyawan. Gaya
    kepemimpinan suatu organisasi juga merupakan faktor lingkungan dalam internal
    suatu organisasi.
  • Faktor lingkungan eksternal organisasi. Faktor-faktor lingkungan eksternal
    organisasi adalah keadaan, kejadian atau situasi yang terjadi di lingkungan organisasi
    yang mempengaruhi kinerja organisasi. Misalnya keadaan ekonomi suatu negara,
    budaya masyarakat dan hal lainnya.

Tidak ada komentar: