Sabtu, 11 November 2023

Pengertian Kinerja Karyawan


Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi oleh kinerja, untuk itu
setiap perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan
dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Pengertian
Kinerja yaitu suatu hasil kerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan
diartikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Menurut Mangkunegara
(2012:67) mengemukakan kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan
tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Istilah kinerja dari kata job performance atau actual performance
(prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai oleh seseorang),
prestasi kerja pada umumnya dipengaruhi oleh kecakapan, keterampilan,
pengalaman dan kesungguhan kerja dari tenaga kerja yang bersangkutan.
Kinerja merupakan pencapaian yang optimal sesuai dengan potensi
yang dimiliki seorang karyawan. Menurut Prawirosentono (2009:54)
kinerja seorang karyawan akan baik, jika karyawan mempunyai keahlian
yang tinggi, kesediaan untuk bekerja, adanya imbalan atau upah yang
layak dan mempunyai harapan masa depan.
Secara teoritis ada variabel yang mempengaruhi kinerja, yaitu :
variabel individu terdiri dari variabel kemampuan, keterampilan, dan latar
belakang pribadi. Oleh karna itu karyawan perlu ditempatkan pada
pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.
Kinerja yang baik adalah kinerja yang mengikuti tata cara atau
prosedur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sedangkan kinerja
menurut Bangun (2012:231), adalah hasil pekerjaan yang dicapai
seseorang berdasarkan persyaratan-persyaratan pekerjaan, suatu pekerjaan
mempunyai persyaratan tertentu untuk dapat dilakukan dalam mencapai
tujuan yang disebut juga sebagai standar kerja, yaitu tingkat yang
diharapkan suatu pekerjaan tertentu untuk dapat diselesaikan dan
merupakan perbandingan atas tujuan atau target yang ingin di capai.
Kinerja merupakan perwujudan kerja yang dilakukan oleh
karyawan yang biasanya dipakai sebagai dasar penilaian terhadap
karyawan. Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang
atau kelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan tanggung
jawab masing-masing dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Menurut Wirawan (2012:5) kinerja adalah hasil-hasil fungsi atau
indikator-indikator suatu pekerjaan/kegiatan seseorang atau kelompok
dalam suatu organisasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor untuk
mencapai tujuan organisasi dalam periode waktu tertentu. Sedangkan
Menurut Hasibuan (2013:134) mengemukakan bahwa kinerja adalah suatu
hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas yang
dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman,
tingkat pendidikan, dan kesungguhan serta waktu.

Tidak ada komentar: