Menurut Handoko (2001),disiplin adalah kesediaan seseorang yang timbul
dengan kesadaran sendiri untuk mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku
dalam organisasi. Menurut Hiedjrachman dan Husnan (dalam Sinambela 2012),
disiplin adalah setiap perseorangan dan juga kelompok yang menjamin adanya
kepatuhan terhadap perintah dan berinisiatif untuk melakukan suatu tindakan yang
diperlukan seandainya tidak ada perintah. Menurut Davis dalam Sinambela
(2012), disiplin penerapan pengelolaan untuk memperteguh dan melaksanakan
pedoman-pedoman organisasi.
Berdasarkan keempat konsep di atas, dapat disimpulkan bahwa disiplin
adalah kepatuhan pada aturan atau perintah ditetapkan oleh organisasi.
Selanjutnya disiplin adalah sebuah proses yang digunakan untuk menghadapi
permasalahan kineja, proses ini melibatkan manajer dalam mengidentifikasikan
dan mengkomunikasikan, dan menerapkan konsekuensinya. Pada tahap awal,
proses disiplin mirip bahkan serupa dengan proses manajemen kinerja. Pada tahap
awal, proses disiplin mirip bahkan serupa dengan proses manajemen kinerja. Pada
tahap ini, masalah-masalah diidentifikasikan oleh manajer serta pegawai dalam
bekerja sama untuk memecahkannya. Akan tetapi,apabila kerja sama tidak
memecahkan masalah, sang manajer bertanggung jawab untuk memecahkan
masalah menggunakan alat-alat lain, yang mungkin termasuk tindakan sepihak
seperti memberlakukan konsekuensi (Robert Bacal dalam Sinambela, 2016)
Minggu, 22 Oktober 2023
Pengertian Disiplin Kerja
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar