Strategi inovasi merupakan faktor yang penting, lazimnya menjadikan organisasi
yang unik dan berbeda terhadap persaingan. Hal ini mengartikan bahwa keunikan
yang dimiliki perusahaan pada sesuatu, dinilai sangat penting oleh konsumen. Inovasi
akan memungkinkan perusahaan meraih prestasi unggul, jika penentuan keunikan
(drivers of uniqueness) tersebut memiliki daya tahan (sustainability) yang tinggi
ditunjukkan oleh tiadanya peniruan oleh para pesaing (rare of immintability). Strategi
inovasi menekankan pada pengembangan produk atau jasa yang mempunyai
keunikan atau perbedaan dari para pesaing. Organisasi yang mengadopsi dengan
perubahan pasar yang sangat cepat dan kemajuan teknologi. Strategi ini juga
mensyaratkan bahwa pekerja harus kreatif, mampu dan dapat bekerja sama satu
dengan lainnya, melaksanakan tujuan jangka panjang, mempunyai perhatian dan
tanggung jawab atas kualitas dan kuantitas barang dan jasa yang diproduksi, dan
dapat membatasi ambigius
Kebijakan organisasional secara formal perlu dipertimbangkan agar dapat
mendukung terciptanya kondisi inovasi. Perusahaan yang berhasil dengan baik adalah
perusahaan yang memiliki komitmen untuk mendukung keputusan manajer puncak
untuk melaksanakan suatu pengembangan usaha kreatif secara spontan. Secara
keseluruhan suatu perusahaan yang melaksanakan strategi inovasi, profil peran
perilaku karyawannya memiliki tingkat perilaku kreativitas yang tinggi serta tingkat
pengembalian risiko yang tinggi pula
Jumat, 07 Juli 2023
Strategi Inovasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar