Jumat, 07 Juli 2023

Inovasi Produk


Definisi mengenai pengertian inovasi produk menurut Myers dan Marquis
dalam Kotler (2007:36) menyatakan bahwa inovasi produk adalah gabungan dari
berbagai macam proses yang saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang
lain. Jadi inovasi bukanlah konsep dari suatu ide baru, penemuan baru atau juga
bukan merupakan suatu perkembangan dari suatu pasar yang baru saja, tetapi inovasi
merupakan gambaran dari semua proses - proses tersebut. Charles, et al. (2002: 30)
menyatakan bahwa inovasi merupakan bagian dari kerangka kerja yang
menghubungkan aspek budaya perusahaan dengan kemampuan berinovasi serta
meningkatkan kinerja perusahaan melalui keputusan membeli konsumen. Kotabe
dalam Tamamudin (2012:289) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi inovasi
produk yang dilakukan perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan
melalui peningkatan keputusan membeli. Dalam persaingan global, perusahaan harus
dapat memodifikasi produknya untuk menambah nilai dari produk yang
dihasilkannya dan harus dapat memenuhi kebutuhan dan selera yang pas dengan
konsumen

Tidak ada komentar: