Jumat, 07 Juli 2023

Dimensi Strategi Inovasi


Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani strategia yang diartikan sebagai "the
art of the general" atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam
peperangan. Karl von Clausewitz (1780-1831) berpendapat bahwa pengertian strategi
adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan
peperangan. Dalam abad modern ini, penggunaan istilah strategi tidak lagi terbatas
pada konsep atau seni seorang panglima dalam peperangan, tetapi sudah digunakan
secara luas hampir dalam semua bidang ilmu. Suatu strategi inovasi merupakan suatu
konsep yang multidimensional yang terdiri dari empat dimensi yaitu :
a. Orientasi kepemimpinan perusahaan terhadap inovasi (Maidique dan
Patch, 1988; Zahra dan Covin, 1993; Telles dan Golder, 1996; Lucas
dan Ferrel, 2000),
b. Tipe inovasi yang dilakukan (Betz, 1987; Slack, 2001)
c. Sumber – sumber inovasi (Mansfield, 1988; Hogedoorn dan Duystreer,
2002) dan
d. Tingkat investasi yang dibutuhkan dalam inovasi (Thomson dan Ewer,
1989; Capon et al., 1992).
Konsep multidimensi inovasi diatas akan menghasilkan pengukuran yang
lebih baik dari pada hanya pada satu dimensi inovasi saja (hadjimanolis, 2000).
Damanpour dalam Hadjimanolis (2000) menyatakan tingkat inovasi perusahaan akan
secara akurat di jelaskan dengan inovasi yang komprehensip berbagai dimensi
(strategi inovasi ) dibandingkan konsep inovasi tunggal ( single innovation )

Tidak ada komentar: