Jumat, 07 Juli 2023

Pengertian Manajemen Pemasaran


Agar dapat tercapai tujuan perusahaan yaitu memberikan keputusan
kepada konsumen, maka setiap perusahaan harus menganalisa, merencanakan,
mengimplementasikan dan mengontrol aktifitas pemasarannya. Hal ini dapat
dilaksanakan dengan melaksanakan manajemen pemasaran.
Menurut Kotler (2012:5) pengertian manajemen pemasaran adalah
sebagai berikut:
“Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu untuk memilih pasar
sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan
pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan
mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul”.
Sedangkan menurut Buchari Alma (2011:130) mendefinisikan sebagai
berikut:
“Manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisa,
merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi segala
kegiatan (program), guna memperoleh tingkat pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran dalam rangka mencapai
tujuan organisasi”.

Tidak ada komentar: