Jumat, 07 Juli 2023

Pemasaran

v
Pemasaran sebagai salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya,
berkembang dan untuk mendapatkan laba. Pemasar harus berupaya untuk
memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pasar sasaran karena kebutuhan
merupakan tuntunan dasar manusia. Pada umumnya pemasaran dipandang sebagai
tugas untuk menciptakan, memperkenalkan dan menyerahkan barang dan jasa
kepada konsumen dari perusahaan lain.
Menurut Kotler dan Keller (2012:27) dalam pengertian pemasaran adalah
sebagai berikut:
“Pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu
dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan ingin
menciptakan, dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas
menukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain”.
Sedangkan menurut David (2011:198):
“Pemasaran dapat dideskripsikan sebagai proses pendefinisian,
pengantisipasian, penciptaan, serta pemenuhan kebutuhan dan
keinginan konsumen akan produk dan jasa”

Tidak ada komentar: