Selasa, 04 Juli 2023

Pengertian Keunggulan Bersaing


Dewasa ini semakin diyakini bahwa kunci utama dalam
memenangkan persaingan adalah dengan memberikan nilai dan kepuasan
kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas
dengan harga bersaing (Tjiptono, 2012). Untuk merancang penawaran
pasar yang menghantarkan nilai lebih daripada pesaing yang berusaha
memenangkan pasar yang sama, perusahaan harus memahami pelanggan
dan mengembangkan hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Penawaran pasar disebut juga dengan keunggulan bersaing (Kotler,
2012), dimana perusahaan memiliki keunggulan melebihi pesaing yang
diperoleh dengan menawarkan nilai yang lebih besar kepada konsumen
daripada tawaran pesaing. Perusahaan perlu memahami pesaing sekaligus
pelanggan melalui analisis untuk mencapai keunggulan bersaing tersebut.
Dasar mencapai keunggulan bersaing menurut Leonardus Saiman
(2010) adalah:
1. Harga atau nilai, seorang pengusaha harus mampu menghasilkan
produk atau jasa rendah biaya, sehingga strategi dalam menetapkan 
harga (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah dibandingkan
dengan produk pesaing).
2. Menyenangkan konsumen, keunggulan kedua yang harus diupayakan
agar produk dapat bersaing dengan para kompetitor adalah
diupayakan agar produk dapat menyenangkan konsumen.
3. Pengalaman konsumen, pengalaman baik atau buruk yang kita
sampaikan dan yang dialami oleh seorang konsumen umumnya akan
menjadi catatan penting.
4. Atribut produk yang dapat dicatat, manfaat dari catatan atribut adalah
agar produk dapat ditingkatkan dari atribut yang sudah ada
sebelumnya.
5. Keistimewaan layanan yang baik, jika keempat unsur tersebut telah
mencapai posisi unggul, hal yang tidak kalah penting adalah
bagaimana keistimewaan layanan yang unik dapat ditampilkan

Tidak ada komentar: