Selasa, 04 Juli 2023

Pengertian Diferensiasi


Di dalam dunia bisnis, kompetisi diantara para pesaing adalah sesuatu hal
yang biasa. Perusahaan perlu mensiasati strategi dan taktiknya dalam
pengembangan produk atau jasanya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif
dan bersaing dengan pihak lainnya (competitive advantage).
Menurut Kotler (2009: 89): “Diferensiasi sebagai proses menambahakan
serangkaian perbedaan yang penting bernilai, guna menambahkan penawaran
perusahaan itu dari tawaran pesaing”.
Aaker dalam Ferdinand (2013: 117) menyatakan bahwa strategi
diferensiasi yang sukses haruslah yang mampu sebagai berikut ini:
1. Menghasilkan nilai pelanggan,
2. Memunculkan persepsi yang bernilai khas dan baik serta,
3. Tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru.
Sedangkan menurut Untung yang dikutip oleh Yudhiarina (2009: 292)
mendefinisiskan “Diferensiasi merupakan suatu yang bersifat inovasional
biasanya ditanggapi positif oleh pihak pembeli karena dianggap mempunyai mutu
lebih baik dan lebih memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang”.
Menurut Kartajaya (2010): “Diferensiasi merupakan semua upaya yang
dilakukan perusahaan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan
tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen.”

Tidak ada komentar: