Selasa, 04 Juli 2023

Pengertian Strategi Pemasaran


Menurut Tjiptono (2015: 17):
“Strategi Pemasaran adalah sebagai alat fundamental yang direncanakan
untuk mencapapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan
bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang di masuki dan
program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran
bersangkutan”.
Wallker (2012: 48) “Strategi pemasaran terdiri atas lima elemen yang
saling berkaitan, yaitu pemilihan pasa, perencanaan produk, penempatan harga,
sistem distribusi dan komunikasi pemasaran”.
Secara terperinci Wallker menjabarkan bahwa strategi yang baik wajib
memiliki lima komponen pokok, yang fokusnya berbeda level strategi, kelima
komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1. Lingkup (scope) yaitu cakupan domain strategi seperti jumlah type
industri, lini produk dan segmen pasar yang dimasuki atau
direncanakan untuk dimasuki.
2. Tujuan dan Sasaran yaitu menyangkut tingkat pencapaian yang
diharapkan berdasarkan satu atau lebih dimensi kerja (seperti
pertumbuhan volume penjualan, kontribusi laba, atau Return On 
Investment) selama periode waktu tertentu bagi setiap bisnis dan pasar
produk, serta bagi organisasi secara keseluruhan.
3. Pengelolaan sumber daya (terutama sumber daya manusia dan
finansial) untuk berbagai bisnis, pasar produk, departemen fungsional,
dan aktivitas dalam masing-masing bisnis atau pasar produk.
4. Identifikasi keunggulan kompetitif berkesinambungan yang mammpu
menjabarkan cara organisasi bersaing dengan para pesaing saat ini dan
pesaing potensial.
5. Sinergi antar bisnis, pasar produk, pengalokasian sumber daya dan
kompetensi

Tidak ada komentar: