Porter (1990) dalam penelitian Setiawan (2012) menjelaskan bahwa keunggulan
bersaing adalah jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi pesaing.
Keunggulan bersaing pada dasarnya tumbuh dari nilai-nilai atau manfaat yang
diciptakan oleh perusahaan bagi para pembelinya. Barney (2007) dalam penelitian
Rusman (2010) mengungkapkan bahwa keunggulan bersaing adalah suatu kondisi
dimana perusahaan mampu menciptakan nilai ekonomi yang lebih dibandingkan
dengan perusahaan kompetitornya, sedangkan secara sederhana nilai ekonomi
merupakan perbedaan antara perolehan manfaat yang dirasakan oleh customer
yang membeli produk atau jasa perusahaan tersebut dengan total biaya ekonomi
dari produk atau jasa yang dibeli.
Pelanggan umumnya lebih memilih membeli produk yang memiliki
nilai lebih dari yang diinginkan atau diharapkannya. Namun demikian nilai
tersebut juga akan dibandingkan dengan harga yang ditawarkan. Pembelian
produk akan terjadi jika pelanggan menganggap harga produk sesuai dengan
nilai yang ditawarkannya
Jumat, 07 Juli 2023
Keunggulan Bersaing
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar