Jumat, 07 Juli 2023

Orientasi pasar


Menurut Uncles (2000) dalam penelitian Supranoto (2009) mengartikan orientasi
pasar sebagai suatu proses dan aktivitas yang berhubungan dengan penciptaan dan
pemuasan pelanggan dengan cara terus menilai kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Orientasi pasar merupakan budaya perusahaan yang menempatkan
pasar sebagai kunci kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karenanya dalam
rangka mempertahankan tingkat pertumbuhan perusahaan di tengah persaingan
yang semakin kompleks, pelaku usaha harus menggali informasi dan mengenali
kebutuhan pelanggan sehingga produk yang dihasilkan memberikan kepuasan
bagi pelanggan.
Kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan
dan keinginan dari target pasar serta memberikan kepuasan secara lebih baik
dibandingkan pesaing. Dengan demikian berorientasi pada pasar akan
menwujudkan keunggulan bersaing perusahaan di tengah – tengah persaingan.
Menurut Pelham (2000; 50) dalam penelitian Putranto (2003) mengemukakan
pula bahwa orientasi pasar dibangun oleh tiga konstruk utama yaitu orientasi
pemahaman pelanggan (customer understanding orientation), orientasi kepuasan
pelanggan (customer satisfaction orientation) dan orientasi pesaing (competitive
orientation).

Tidak ada komentar: