Inovasi proses merupakan penetapan metode produksi atau
pengiriman barang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang telah
melewati berbagai macam peningkatan yang signifikan. Inovasi proses
adalah tindakan untuk memperkenalkan proses produksi baru atau
aktivitas harian baru (Najib & Kiminami, 2011). Proses inovasi adalah
metode produksi baru dengan mengadopsi teknologi baru di seluruh
proses rantai nilai termasuk manufaktur, pemrosesan data dan distribusi
(Ismail & Mamat, 2012). Inovasi proses menggambarkan perubahan
dalam cara organisasi menghasilkan produk dan layanan (Hartini,
2012).Menurut Hartini (2012) Proses peningkatan ini dapat diukur
dengan tiga cara, yaitu :
1. Peningkatan konstan dalam proses produksi,
2. Alokasi data penelitian, dan
3. Frekuensi pelatihan di bidang terkait produksi
c. Inovasi Pemasaran
Inovasi pemasaran dapat didefinisikan sebagai penerapan
metode pemasaran yang baru untuk perusahaan yang bersangkutan
dengan telah diberikan peningkatan yang signifikan pada beberapa
hal seperti; desain produk, penempatan produk, promosi produk, dan
harga produk tersebut.
Inovasi pemasaran dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan
menggarisbawahi beberapa tujuan yang jelas seperti; meningkatkan
penjualan, memenuhi kebutuhan konsumen, membuka pasar baru,
dan menempatkan produk yang dibuat oleh perusahaan di dalam
pasar.
d. Inovasi Organisasi
Inovasi organisasi dapat diartikan sebagai penerapan metode
organisasi yang baru pada beberapa aspek seperti hubungan
eksternal yang dimiliki oleh perusahaan, metode baru pada praktik
bisnis, dan organisasi tempat kerja.
Jumat, 07 Juli 2023
Inovasi Proses
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar