Jumat, 07 Juli 2023

Teori Inovasi Proses dan Produk


Inovasi dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu inovasi
produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi.
Berikut penjelasan dari berbagai macam inovasi tersebut;
a. Inovasi Produk
Inovasi produk dapat didefinisikan sebagai pengenalan barang
dan jasa yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang baru dan telah
melalui berbagai macam peningkatan yang signifikan berkaitan dengan
fungsi dan karakteristik dari produk atau jasa tersebut. Inovasi produk
adalah tindakan untuk menciptakan produk baru sesuai dengan
kebutuhan pasar. (Walker et al., 2011). Menurut White & Bruton
(2007), inovasi produk adalah perubahan produk, yang didahului oleh
proses penelitian dan pengembangan di perusahaan. Inovasi produk
adalah pengenalan dan pengembangan jenis barang atau layanan baru
yang melengkapi kekurangan produk sebelumnya dengan lebih
menekankan pada kualitas (Atalay et al., 2013). 
Inovasi produk dapat diukur dengan tiga indicator yaitu :
1. Mengembangkan produk baru (Hartini, 2012; Li et al., 2007),
2. Meningkatkan kualitas produk
3. Mempercepat pengenalan produk baru ke pasar (Yang, 2010;

Tidak ada komentar: