Menurut Kotler dan Keller dalam jurnal Sudarsono dan Kurniawati,
(2013:20) proses pengambilan keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh
konsumen merupakan indikator keputusan pembelian, yaitu:
a. Pengenalan Kebutuhan
Ketika konsumen mengenali adanya masalah atau kebutuhan. Kebutuhan itu
akan digerakkan oleh rangsangan dari dalam maupun dari luar dirinya.
b. Pencarian Informasi
Tahap ini merupakan tahapan yang merangsang konsumen untuk mencari
informasi lebih banyak mengenai suatu produk.
c. Evaluasi Alternatif
Pada tahapan ini konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi
merek alternatif dalam menentukan peringkat produk untuk dipilih.
d. Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan
eksternal. Faktor internal berkaitan dengan persepsi konsumen tentang merek
yang dipilih. Sedangkan faktor eksternal adalah sikap orang lain dan situasi
yang tak terduga.
e. Perilaku Pasca Pembelian
Kepuasan konsumen harus dipantau dari mulai pasca pembelian, tindakan
pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar