Proses inovasi tidak bisa terpisah dari suatu konteks perusahaan kompetitif
dan strategis (Afuah 2003). Pada awal 1980s, Michael Porter menyatakan terdapat
tiga kontribusi utama dari inovasi di dalam strategi perusahaan, yaitu:
a. Menghubungkan teknologi kepada yang lima kekuatan yang
mengendalikan kompetensi industri
b. Dapat memilih antar sejumlah strategi umum yang harus dibuat oleh
perusahaan (Tidd et All. 2005)
c. Dan dengan memutuskan antara dua strategi pemimpin pasar atau
followership.
Mernurut Porter (1980) dalam Ciptono (2006), ada lima kekuatan yang
mengemudikan kompetisi industri, dimana masing-masing menghasilkan peluang dan
ancaman:
a. hubungan dengan para supplier,
b. hubungan dengan para konsumen,
c. pemain baru,
d. produk pengganti, dan
e. persaingan kompetitif antar perusahaan.
Porter (1985) dalam Ciptono (2006), juga menguraikan empat strategi pasar
umum yang perusahaan harus memilih: Cost leadership, diferensiasi produk, fokus
harga, dan fokus diferensiasi
Jumat, 07 Juli 2023
Orientasi Kepemimpinan Inovasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar