Manajemen laba adalah upaya manajer perusahaan dalam mengintervensi atas
informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk mengelabui stakeholder
yang ingin mengetahui kinerja maupun kondisi perusahaan (Sulistyanto, 2008).
Sedangkan menurut Schipper dalam (Subramanyam, 2010) menyebutkan bahwa
manajemen laba merupakan intervensi manajemen dengan sengaja dalam proses
penentuan laba, biasanya dalam memenuhi tujuan pribadi. Dari definisi di atas
dapat disimpulkan bahwa manajemen laba merupakan perilaku manajer dalam
memaksimalkan kepentingannya.
Para manajer dalam melakukan manajemen laba dengan memilih kebijakan
akuntansi untuk menaikkan laba atau menurunkan laba dengan menggeser laba
periode yang akan datang ke periode saat ini dan menggeser laba periode saat ini
ke periode yang akan datang. Dengan adanya perbedaan kepentingan antara
pemilik dengan manajer sering memicu terjadinya permasalahan manajemen laba.
Akhir-akhir ini manajemen laba merupakan sebuah fenomena umum yang sering
terjadi di beberapa perusahaan.Dalam praktiknya dilakukan untuk mempengaruhi
angka laba dapat terjadi secara legal ataupun ilegal.
Menurut (Widianingrum & Sunarto, 2018) menyebutkan bahwa manajemen
laba sebagai upaya manajer perusahaan untuk mempengaruhi informasi-informasi
dalam laporan keuangan sehingga sesuai dengan yang diinginkan.
Rabu, 12 April 2023
Definisi Manajemen Laba (Earning Management)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar