Seorang perawat akan merasa nyaman dan tinggi loyalitasnya pada sebuah instansi apabila memperoleh kepuasan kerja sesuai dengan apa yang diinginkan. Menurut Robbins (2003) kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima.Selain itu, Handoko (2000)menyatakan bahwa kepuasan kerjaadalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan, bagaimana para perawat memandang pekerjaan mereka.Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya.Luthans (2006) mengemukakan bahwa kepuasan kerja merupakan respon terhadap situasi kerja, sehingga kepuasan kerja tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan dan akan tercermin dalam sikap, seperti semakin loyalpada instansi, bekerja dengan maksimal, dan mematuhi peraturan yang dibuat oleh instansi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar