Selasa, 20 Desember 2022
Strategi Komunikasi Pemasaran (skripsi, tesis, dan disertasi)
Sebelum menentukan saluran komunikasi yang akan digunakan, pemasar harus menentukan dulu tujuan komunikasinya dan siapa yang disasar. Ini menjadikan komunikasi pemasaran yang dilakukan pemasar harus selaras dengan tujuanya, ini berkaitan dengan efektifvitas pesan. Oleh karena itu perlu dilakukan komunikasi pemasaran yang efektif.Dalam kajian pemasaran, kegiatan promosi yang efektif dapat dimasukkan sebagai bagian dari konsep bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Bauran komunikasi pemasaran merupakan penggabungan dari lima model komunikasi dalam pemasaran, yaitu : advertising, sales promotion, public relations, personalselling, dan direct selling. Demikian pula halnya dengan event dan exhibiton, keduanya merupakan bagian dari marketing communication mixyang dikembangkan oleh bagian sales promotion(Soemanagara: 2006:1)Bauran komunikasi pemasaran ini sering disebut komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications/IMC). IMC adalah proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan (Shimp, 2003:24). Definisi lain disampaikanStantondalam swastha promotional mixsebagai kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal sellingdan alat promosi lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar