Selasa, 20 Desember 2022
Komunikasi Pemasaran (skripsi, tesis, dan disertasi)
Dalam usaha mencapai pasar sasaran diperlukan upaya pemasaran. Produk tidak dengan sendirinya dikenal bahkan sampai di tangan konsumen. Pemasaran didefinisikan The American Marketing Association sebagai suatu kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau pemakai (Swastha,2000:7). Untuk mencapai pasar sasaran, pemasar menggunakan tiga jenis saluran pemasaran, yaitu saluran komunikasi, saluran distribusi dan saluran pelayanan. Saluran komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari pembeli sasaran, saluran distribusi untuk menggelar, menjual dan menyampaikan produk fisik atau jasa kepada pelanggan atau pengguna, sedangkan saluran layanan untuk melakukan transaksi dengan calon pembeli(Kotlerdan Lane, 2009 : 14). Dalam menunjang program pemasaran yang efektif terdapat elemen yang sangat penting, elemen itu adalah kegiatanpromosi, promosi salah satu faktor penentu tercapainya target sasaran. Promosi merupakan aspek penting dalam manajemen pemasaran, dan sering dikatakan sebagai “proses berkelanjutan”.Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan(Swastha, 2000: 237).Melalui kegiatan promosi akan disampaikan pesan kepada calon konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan. Pada hakikatnya promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan(Tjiptono, 2001:219).Penyampaian informasi produk kepada calon konsumen sangat memiliki peran sangat penting, calon konsumen membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan keputusan pembelian. Keadaan pasar yang kompetitif membuat calon konsumen untuk secara cermat melakukan proses pengumpulan informasi sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk.Definisi lain komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual, dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik (Swastha: 2000:234)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar