Rabu, 21 Desember 2022

Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik (skripsi, tesis, dan disertasi)

Saat ini sudah seharusnya pelayanan publik yang diberikan oleh Birokrasi hendaknya berdasarkan prinsip-prinsip dasar berikut ini yang telah dikemukakan olehSulistio & Budi (2009):1.Rasional, efektif dan efisien yang dilakukan melalui manajemen terbuka.2.Ilmiah, berdasarkan kajian dan penelitian serta didukung oleh cabang-cabang ilmu pengetahuan lainnya.3.Inovatif, pembaruan yang dilakukan terus-menerus untuk menghadapi lingkungan yang dinamis, berubah dan berkembang. 4.Produktif, berorientasi kepada hasil kerja yang optimal.5.Profesionalisme, penggunaan tenaga kerja profesional, terampil dalam istilah “The Right Man in The Right Pleace”.6.Penggunaan teknologi modern yang tepat guna.Islamy dalam Sulistio dan Budi (2009:41) menyatakan bahwa pelayanan publik harus dilaksanakan oleh Birokrasi Pemerintah berdasarkan kepada prinsip-prinsip pelayanan prima berikut ini:
 1.Appropriateness (kesesuaian)2.Accesibility (keterjangakauan)3.Continuity (keberlanjutan)4.Technically (teknis)5.Profitability (menguntungkan)6.Equitability (adil)7.Transparency (terbuka)8.Accountability (bertanggungjawab)9.Effectiveness and Efficiency (efektif dan efisien)

Tidak ada komentar: