Selasa, 20 Desember 2022

Pengertian Produk (skripsi, tesis, dan disertasi)

Adanya proses jual beli antara penjual dan pembeli pasti memerlukan barang atau jasa untuk diperjualbelikan. Dalam proses pemasaran pun memerlukan barang atau jasa yang nantinya akan di promosikan dan ditawarkan kepada konsumen. MenurutAmir (2005:8) yang dikutip oleh Rahayu(2020:77)mendifinisikan produk sebagai “Apa saja yang dapat ditawarkan kepada pasar agar dapat dibeli, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan mereka”. Menurut Kotler (dalam Simamora, 2001:139) yang dikutip oleh Rahayu (2020:77)menyatakan “Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dibeli, digunakan, ataupun dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau kemauan”.Pengertian produk menurut Firmansyah (2019:2)adalah “Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan”.Seperti pandangan dari Satria & Hasmawaty (2021:163)yang menyatakan :“Jika produk dijalankan sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan selera konsumen, serta pangsa pasar yang dibidik, maka diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan. Mengingat persaingan terus meningkat, maka pihak perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaan termasuk keragaman produk yang ditawarkan, untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya atau calon pelanggan lain.”
 
 
 

Tidak ada komentar: